Satgas Dana Desa Berharap Penyaluran Tepat Sasaran

Ketua Satgas Dana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Bibit Samad Rianto mengingatkan pentingnya pengawasan pemanfaatan dana desa karena Satgas yang dipimpinnya telah membuat sejumlah program pengawasan dan pelatihan sehingga diharapkan penyalurannya bisa berjalan sesuai tujuan dan sasaran.

“Tahun 2018 ini, anggaran dana desa yang disalurkan Kemendes PDTT akan mencapai Rp 60 triliun sehingga memerlukan pengawasan agar tepat sasaran. Selain itu, ada juga dana yang diperuntukan bagi desa di seluruh wilayah Indonesia dengan nilai sekitar Rp 300 triliun yang disalurkan pemerintah melalui berbagai kementerian lain, yang juga perlu diawasi pelaksanaannya,” kata Bibit di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Bibit yang mantan pimpinan KPK itu sebelumnya menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-59 Kabupaten Sumbawa bersama Direktur Pengembangan Daerah Pulau Terpencil dan Terluar Kemendes PDTT, Hasrul Edyar. Pada kesempatan ini keduanya mengunjungi beberapa proyek sukses dari Kemendes PDTT di Kabupaten Sumbawa yakni tiga proyek budidaya ikan kerapu dengan sistem Keramba Jaring Apung (KJA).

Saat mengunjungi lokasi proyek, Hasrul Edyar memberikan fasilitasi bantuan Tahap II. “Tahap I pada tahun 2015 Kemendes PDTT telah memberikan bantuan berupa peralatan budidaya ikan kerapu ke kelompok nelayan Pulau Bungin. Ternyata mereka sukses mengelolanya. Bahkan, hingga tahun kedua ini mereka telah sukses empat kali panen ikan,” tutur Hasrul. (Ful)

Sumber : krjogja.com

Comments are closed